An-Nar[koba]

Testimoniku bukannya mengada-ada, selama jadi mahasiswa, hampir 7 tahun lebih saya berkecimpung di dunia narkoba, bukan sebagai pemakai lebih-lebih penyuplai tapi menjadi guru spiritual mereka.

Kini, Roy Martin untuk yang kedua kalinya tertangkap tak tanggung-tanggung basahnya, di Novotel tempat kakak iparku mengais rupiah. Dari penanggkapan tersebut, sempat terpikir dalam benakku sebuah pertanyaan ‘ apa yang membedakan para pecandu narkoba dengan pegiat sufi jika ‘ekstasi’ jadi menu pembuka sajian utama?’.

Sebagaimana Chairil Anwar dalam kata puitisnya ‘setelah kubuka pintu-Mu, rasanya enggan aku berbalik’. Demikian juga vokalis The Door, Jim Morrison yang berusaha membuka pintu-Nya dengan kata kunci yang sama ‘ekstasi’. Sang American Poet pun telah mendapatkan ‘pertemuannya’ setelah over dosis. Dengan tanpa repot memahat, dia mendapatkan namanya terukir di batu nisan tentunya, Rest In Peace fii Daaris Salaam.

Ambiguitas kata ekstasi tak bisa dipungkiri memberi arti yang sama bagi yang mendengarkannya lebih-lebih bagi yang merasakannya, bahagia! sebuah perasaan yang tak lebih state of mind dengan batasan definisi yang tak jelas: sama-sama abstrak dan tak bertepi.

Pecandu narkoba, setelah berakhirnya itu rasa akan merasa sedih menyesali tapi tidak bisa berhenti past perfect continuous pain, maka biasanya yang dibutuhkan adalah pain killer itu sendiri. Sedangkan orang-orang aneh fatuubaa lil ghurobaa’ dengan kaki yang tak membumi sebab hati telah tercuri, setelah rasa itu berakhir akan merasa senang untuk bisa melakukan ulang past perfect continuous gain, maka selalu saja yang diinginkan menjadi semacam sahwat halus adalah ritual pelarian spiritual run wa ilaa robbika farghob dengan menafikkan kesibukan faidzaa faroghta fanshob.

Lalu apa jadinya jika dua model orang ini dikolaborasikan?. Jawabannya adalah no pain because it is a gain (baca again/lagi, juga boleh) atau no pain no gain atau no, I don’t know and I don’t want to know!.

2 thoughts on “An-Nar[koba]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.