enough with one vagina

Cahyadi Takariawan
man behind the woman

Selagi membaca ‘Bahagiakan Diri dengan Satu Istri’ senyum akhwat si pembaca buku tersebut kelihatan manis sekali dan nampak jelas menggambarkan asli kewanitaannya.

Si penulis, Cahyadi Takariawan telah berhasil mengembangkan kembali senyuman para kader wanitanya yang sempat manyun untuk beberapa lama lantaran ketar-ketir (jangan-jangan) sang suami akan ‘mengoptimalkan’ kelaki-lakiannya.

Tapi tidak dengan para pentolan PKS yang rata-rata beristri lebih, mereka sama-sama menyayangkan terbitnya buku tersebut yang sudah terlanjur menjadi buku bacaan wajib para kader wanitanya. Lebih-lebih sang muallif adalah ustadz yang kredibilitasnya sangat diakui di majelis syuro.

ah, dunia ini tak pernah sepi dari isu poligami..

Lagi-lagi soal poligini-laki- laki dan kelibihan libiditas mencakup tak hanya urusan biologis tapi masalah sosial dan peneladanan serta semangat menjadi lelananging jagad dengan cara beristri lebih-terlalu sering dipaparkan kronologis sejarahnya, dikedepankan sisi maslahanya dan dijadikan patok ajaran (saya lebih suka mengatakan, tepatnya diprovokasikan untuk dilaksanakan) juga melulu dibicarakan baik diluar maupun didalam liqo’ sebagai wacana menantang untuk ditindak lanjuti.

Pada prinsipnya, kodrat kelaki-lakianku tak memungkiri wadah lain penyaluran tanpa musti dikompori dan dijelentrehkan secara normatif hak, kewajiban dan fungsi laki-laki. Dengan tanpa ada niatan baik mendukung maupun menafikan kandungan buku itu, saya cukup angkat topi untuk seseorang ustadz Cahyadi yang cukup berani mencerahi paradigma lama sebuah organisasi.

2 thoughts on “enough with one vagina

  1. it’s just about keikhlasan yang mungkin sebenarnya tidak perlu di perpanjang….

    bukan untuk dijadikan acuan dan diikuti,
    bukan pula untuk dijauhi karena menyimbolkan hal-hal tertentu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.